Berbaik Sangka Kepada Allah...

Di dunia ini tidak ada manusia yang bebas dari ujian. Baik yang kaya maupun yang miskin, semua pasti pernah merasakan. Seperti ujian yang dialami oleh saudara-saudara kita di Aceh dan Sumatra Utara. Semuanya dapat hancur dalam sekejap. Itulah Sunnatullah. Dan kita sebagai muslim wajib mensikapinya secara baik (husnudzon).

Sikap berbaik sangka terhadap qadha dan qodhar Alloh adalah sikap yang harus dimiliki oleh orang yang beriman. Dan kita harus tahu makna dibalik itu semua.

Pertama, yakinlah bahwa ujian yang terjadi semuanya adalah kehendak Allah. Itu suatu tanda bahwa Alloh-lah yang berhak untuk membangun, atau menghancurkan semua ciptaan-Nya.

Kedua, yakinlah bahwa Allah Maha Suci dari perbuatan dzalim terhadap hamba-Nya. Dengan kasih-Nya, dibalik kepahitan terhimpun kasih sayang yang senantiasa memancar.

Ketiga, yakinlah bahwa setiap keputusan dan ketetapan sudah diukur. Dia Maha Tahu kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh makhluk-Nya sehingga Dia tidak akan mencelakainya.

Keempat, yakinlah bahwa setiap ujian ada akhirnya. Dunia ini fana. Dan setiap ujian menjadi sinyal bahwa apa yang kita miliki didunia tidak akan abadi, semuanya akan sirna.

Kelima, yakinlah bahwa ujian yang melimpah akan mendatangkan hikmah yang teramat dalam. Percayalah ketika Allah memberikan ujian, Alloh juga sudah mempersiapkan keberuntungan kepada hamba-Nya yang diuji tadi.

Dan kita harus yakin bahwa ujian yang Alloh berikan tidak lain hanyalah untuk kebaikan hamba-Nya. Jangan resah dengan ujian yang menimpa dan jangan mengeluh dengan kegetiran yang bertubi-tubi, karena sesungguhnya Allah jika mencintai suatu kaum maka Alloh akan mengujinya. Yakni barang siapa rela dengan ujian itu maka dia akan memperoleh ridha-Nya, dan barang siapa membenci ujian yang datang kepadanya, maka akan memperoleh murka-Nya.

Sahabat, pupuklah sikap berbaik sangka kepada Alloh dan yakinlah bahwa dibalik ujian ada hikmah yang sudah Allah persiapkan.

 _______________________________________________________________

dipetik dari http://fajarembun.wordpress.com/

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Bersalin di Avisena Women's and Children Specialist Hospital Tahun 2021 Part 1

engalaman Bersalin di Avisena Women's and Children Specialist Hospital Tahun 2021 Part 2

Resipi Rendang Daging Mudah dan Sedap!